Pengembangan Produk sebagai sarana persaingan dengan produk sejenis. Produk yang dirancang dan dikembangkan mencangkup barang dan jasa. Pengembangan produk dengan tahapan perencanaan produk yang diciptakan dan perancangan konsep.

Tujuan:

  1. Mengetahui dan dapat menyusun Voice of Customer.
  2. Mengetahui dan dapat merancang arsitektur produk pada konsep terpilih.
  3. Mengetahui dan dapat menyusun peta – peta kerja.

Indikator Capaian:

  1. Dapat mengintegrasikan Voice of Customer dengan Voice of Engineering sebagai penyusunan House of Quality.
  2. Dapat merancang arsitekstur produk dengan integrasi konsep terpilih, Bill of Material, Prototype dan mutu produk pengembangan.
  3. Dapat merancang peta – peta kerja sebagai sistem kerja.

Kegiatan Praktikum:

  1. Perencanaan Produk.
  2. Identifikasi Kebutuhan Konsumen.
  3. Penyusunan Konsep.
  4. Spesifikasi Produk.
  5. Perancangan Konsep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *